Kemlu Gelar Pameran Foto “Diplomasi Indonesia”

By Admin

nusakini.com--Catatan sejarah akan mudah dilupakan bila tidak diingatkan kepada generasi berikutnya. Hal ini mendorong Kementerian Luar Negeri RI untuk melaksanakan Pameran Foto bertajuk "Diplomasi Indonesia" untuk memeriahkan peringatan HUT RI dan Kemlu yang ke-72 di Gedung Garuda, Kemlu, Jakarta, Selasa (15/8). 

Di hadapan para tamu undangan yang juga terdiri dari 55 pelajar dari SMA 3 PSKD dan SMAN 49 Jakarta, Wakil Menteri Luar Negeri, AM Fachir, pada sambutannya bercerita bahwa Kemlu merupakan kementerian pertama yang berdiri dua hari setelah kemerdekaan RI. 

"Mesin diplomasi (Kemlu) inilah yang memperjuangkan pengakuan internasional terhadap kemerdekaan Indonesia. Sebagian kecil (dokumentasi) upaya tersebut kami tampilkan di sini," ujar Wamenlu Fachir. 

Pameran memuat foto-foto yang mendokumentasikan kiprah diplomasi Indonesia dari masa ke masa, mulai dari Sidang Dewan Keamanan PBB Tahun 1947, KTT GNB 1961, KTT APEC 1994, hingga KTT IORA dan KTT ASEAN 2017, serta berbagai pertemuan bilateral.   

Salah satu foto ikonik dan tertua adalah foto yang memuat Sutan Sjahrir, H. Agus Salim, Sudjatmoko, Sumitro Djojohadikusumo, dan Charles Thambu saat mengikuti Sidang Dewan Keamanan PBB di New York tanggal 14 Agustus 1947. 

Selain itu, pameran juga secara khusus menampilkan koleksi foto kegiatan bantuan teknik capacity building yang diberikan Indonesia kepada negara-negara berkembang di kawasan Afrika, Asia Pasifik, dan Timur Tengah dalam kerangka Kerja Sama Selatan-Selatan (KSST), antara lain di bidang kewirausahaan, pertanian, perikanan, good governance, dan pariwisata. 

"Mari kita pelajari sejarah dari mana asal usul kita berasal," imbau Wamenlu Fachir di akhir sambutannya. 

Pameran foto "Diplomasi Indonesia" terbuka untuk masyarakat umum pada tanggal 15, 16, 18 dan 21 Agustus 2017 pukul 09.00-16.00. (p/ab)